adsense

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS TERNAK JANGKRIK




KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
“BISNIS TERNAK JANGKRIK”





DISUSUN UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN TUGAS KULIAH LINGKUNGAN BISNIS


OLEH :
TRI WAHYU SANTOSO
 15.11.9126
S1-TI-09

STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2016
  





ABSTRAK

 Kenapa saya memilih budidaya jangkrik karena jangkrik sering kita temukan dimana-mana terutama disawah, didesa saya jangkring adalah hama bagi para petani,tetapi saya berfikir jika jangkrik saya ambil dan saya ternakkan  maka itu merupakan sebuah keuntungan yang sangat besar.

Apalagi pakan jangkrik yang tidak memerlukan biaya yang banyak dan terkadang sudah disediakan dialam itu membuat peluang bisnis ini sangat menjanjikan menurut saya.

Dan saya pun tertarik untuk menjadikan bisnis yang menjanjikan tersebut menjadi sebuah tugas akhir dari lingkungan bisnis ini,semoga bermanfaat dan dapat menjadikan inspirasi buat teman-teman semua dan dapat dikembangkanuntuk peluang bisnis sehingga dapat menghasilkan sejumlah uang yang melimpah.


ISI

Ternak jangkrik merupakan suatu jenis usaha yang menjanjikan bagi para pecinta jangkrik maupun bukan pecinta, apalagi jakrik yang mudah didapat di alam terutama disawah, Tetapi jika didesa anda kesulitan untuk mendapatkanya,untuk itu sebagai alternatife pengganti anda bisa membuat indukan tentu dengan perawatan yang lebih.

Peluang usaha ternak jangkring bagus untuk dikembangkan mengingat dengan sering orang mengadakan lomba burung,karna jangkrik merupakan pakan burung. Harga jual jangkrik sendiri mulai dri 40-50 ribu per kilo gramnya. Coba banyangkan jika anda bisa memproduksi sampai puluhan kilo gram, Sungguh peluang yang sangat menjanjikan.

Untuk ternak jangkrik kita memerlukan sebuah tempat atau kandang, karna tidak sembarang tempat jangkrik bisa bertelur atau dibudidayakan. Jadi kita harus menyesuaikan dengan alam mereka.

Persyaratan lokasi budidaya atau ternak jangrik:
  • Lokasi budidaya harus tenang,dan mendapatkan sirkulasi yang baik.
  • Tidak terkena matahari terlalu berlebihan
  • Bebas gangguan predator
Cara budidaya atau berternak jangkrik :
  • Menyiapkan kandang jangkrik
Kandang harus ditempatkan yang gelap atau teduh karna jangkrik biasanya melakukan aktivitas pada malam hari, Untuk menjaga kondisi kandang seperti habitatnya maka olesi didnding kandang dengan lumpur sawah dan berikan sedikit daun-daun yang  kering. Untuk didinding kandang bagian dalam sebaiknya dikasih lakban disekelilingnya supaya jangkrik tidak  merayap keluar

Kandang jangkrik biasanya berbentuk persegi panjang dengan ketinggian 30-50cm,lebar 60-100 cm, panjangnya 120-220 cm,kadang dapat dibuat menggunakan triplek untuk mengirit biaya.

Untuk menghindari dari binatang seperti semut,tikus,cecak,dan serangga lainya maka keempat kaki kandang diberi mangkuk yang berisi air atau minyak tanah.
  • Pembibitan jangkrik
Untuk menginginkan bibit yang bagus maka carilah indukan yang bagus pula,untuk induk jantan anda bisa mencarinya disawah karna induk sawah lebih agresif,sedangkan untuk induk betina carilah dipeternakan.
  • Perawatan jangkrik
Untuk perawatan jangkrik yang sudah dikeluarkan dari kotak penetasan berumur 10 hari harus benar-benar diperhatikan dan dikontrol makananya.

Karena pertumbuhan yang sangat pesat,sehingga yang dikhawatirkan anakan jangkrik menjadi kanibal anakan jangkrik yang lemah,Untuk makananya yang biasa diberikan yaitu ubi,singkong,sayuran dan dedauanan dan masih banyak lagi.

 

REFERENSI

www.segalahobi.com

www.google.com
 




0 Response to "KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS TERNAK JANGKRIK"

Post a Comment

adsense bawah